Kambing Gemuk



Disela-sela khutbah Jum'at sang Khotib menjumpai seorang jama'ah tampak khusuk mendengarkan khutbah jum'ahnya bahkan sampai menangis tersedu-sedu. 

Sang Khotib merasa bangga karena khutbah jumatnya berhasil membuat seorang menangis. 

Di akhir sholat Jumat sang Khotib seperti biasa membaca alfatihah, kulhu tiga sebanyak tujuh kali dan membaca doa. Kemudian diakhiri doa abu Nawas. 

Setelah doa abu Nawas sang Khotib menghampiri jamaah tersebut masih belum meninggalkan tempat sholatnya. 

Kemudian sang khotib bertanya kepada jamaah tersebut "wahai hamba Allah kenapa engkau menangis dengan begitu bersedih sedari tadi saya perhatikan?....
Apakah karena isi khutbah saya telah menyentuh hatimu sehingga ingatbakan dosa-dosa?  Hamba Allah pun menjawab "saya teringat 3 kambing saya yang gemuk mati karena keracunan, ketika melihat wajah anda di mimbar dengan jenggot yang mirip kambing saya, seketika itu ingat 3 kambing 🐐 yang baru meninggal kemarin" Khotib pun tersenyum kecut mendengar pengakuan hamba Allah yang menangis saat khutbah Jum'at tadi. Sambil pergi meninggalkannya.... 

Sambil menggerutu sang Khotib bergumam asem saya di anggap kambing sama jamaah sempril itu..... 

Pesan dan kesan 
1. Jangan mudah bangga dengan kebaikan dan kelebihan yang dimiliki
2. Jangan merasa berjasa karena telah berbuat baik
3. Jangan putus asa dalam dari Rahmat Allah apapun ujian hidup yang dihadapi
4. Bulan suro bulan dimana para nabi dan rasul mendapatkan Rohmat serta pertolongan dari Allah tepat ditanggal 10 bulan Muharrom. 
5. Dianjurkan menjadi Abal yatama wal masakin bagi yang mampu di tanggal 10 suro

Sumber 
Khutbah Jum'at 12 Juli 2024 
Masjid Umar Bin Khattab 
Oleh Ust. Hadi

Cerita si dungu 
Cerita abu Nawas 









Komentar

Postingan Populer