Toto Kromo


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتًا غَيْرَ بُيُوْتِكُمْ حَتّٰى تَسْتَأْنِسُوْا وَتُسَلِّمُوْا عَلٰۤى اَهْلِهَا ۗ ذٰ لِكُمْ خَيْرٌ لَّـكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat."
(QS. An-Nur 24: Ayat 27)

Kepemimpinan Moral 

Kami tidak bisa tiba-tiba tumbuh besar sampai saat ini 
Tanpa adanya orang-orang disekitar kami,  orang tua dan khususnya para guru 
Kami menyadari tak ada kekuatan tanpa kuasaMu
Untuk itu berilah petunjuk dalam setiap hari-hari yang kami lalui 

1. Menghambakan Diri Kepada Raja
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

لِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ ۗ يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ ۗ يَهَبُ لِمَنْ يَّشَآءُ اِنَا ثًا وَّيَهَبُ لِمَنْ يَّشَآءُ الذُّكُوْرَ 

"Milik Allahlah kerajaan langit dan bumi; Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki,"
(QS. Asy-Syura 42: Ayat 49)

2. Bertawakal Atas Segala Usaha

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَاِ ذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَ مْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَا رِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ وَّاَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَاَ قِيْمُوا الشَّهَا دَةَ لِلّٰهِ ۗ ذٰ لِكُمْ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَا نَ يُؤْمِنُ بِا للّٰهِ وَا لْيَوْمِ الْاٰ خِرِ ۙ وَمَنْ يَّـتَّـقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا 

"Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhirat. Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,"
(QS. At-Talaq 65: Ayat 2)


وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بَا لِغُ اَمْرِهٖ ۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu."
(QS. At-Talaq 65: Ayat 3)

3. Sedikit Tidur 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

تَتَجَا فٰى جُنُوْبُهُمْ عَنِ الْمَضَا جِعِ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَّطَمَعًا ۖ وَّمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

"Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka."
(QS. As-Sajdah 32: Ayat 16)


4. Jalan Hikmah 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
يٰسٓ 
"Ya Sin."

وَا لْقُرْاٰ نِ الْحَكِيْمِ  
"Demi Al-Qur'an yang penuh hikmah,"

اِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِيْنَ 
"sungguh, engkau (Muhammad) adalah salah seorang dari rasul-rasul,"

عَلٰى صِرَا طٍ مُّسْتَقِيْمٍ 

"(yang berada) di atas jalan yang lurus,"
(QS. Ya-Sin 36: Ayat 2 - 4)



فانه لما فبحت فعلاته وحزلت نخلته لم يزل سوءاالظن يقتاده ويصدق توهمه الذى يعتاده 
 
"Bila pekerjaan itu jelek kurmanya pahit, tiada henti - hentinya ia mengikuti buruk sangka dan membiasakan membenarkan khayalan" 

When I walk many find the way so that I get lost because of it and I find the good in the path of love (sarungbandel)

In accounting I found more expenses than income and I experienced it many times but I was lucky that there was a lot of love that compensated (sarungbandel) 

Technology facilitates my every job, but I am a human not a robot, therefore I am grateful at all times to still be given a heart to love and share (sarungbandel)


Sumber : 

Durrotul asror watuhfatul abror 
Jauharul maknun

Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang | Kamis, 16 November 2023

Komentar

Postingan Populer