Selamat Hari Pendidikan Nasional

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL
02 MEI 2020

Selamat hari Pendidikan Nasional wahai Bapak dan Ibu Guru Kami.
Ditengah wabah virus corona / covid -19 secara Global semoga Pendidikan adalah kebutuhan pokok Ruhani sehingga ketika tanpa adanya pendidikan hampa terasa hidup ini.



Sejalan dengan salah satu hadits yang berbunyi

طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim."
Hadist lain berbunyi 
Rasulullah SAW bersabda,
تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)
Artinya, "Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR. AT THABRANI)"

Dibjelaskan di dalam Al Qur'an 
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ ۚ وَاِ ذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَا نْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ ۙ وَا لَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ


"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 11)

* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com


Anjuran belajar untuk mendapatkan ilmu adalah sepanjang hayat
Selama manusia hidup pastilah membutuhkan kesehatan dan pendidikan
Sejak kecil manusia butuh sehat dan butuh ilmu
Bahkan sampai ajal mau menjemput pastilah butuh pendidikan contoh saja orang yang menghadapi sakratul maut butuh bimbingan untuk menegakkan kalimat tauhid لا اله الالله محمدرسول الله 

Wabah covid -19
Merupakan peringatan agar kita selalu menjaga kebersihan lahir maupun batin
Membersihkan lahir dengan cara rajin menjaga 1. Kebebersihan badan jasmani lingkungan dan tempat tinggal
2. Kebersihan batin dengan cara belajar di majlis ilmu, berdzikir bertaubat dan rajin muhasabah linafsi mengkoreksi diri serta selalu berpikir positif khusnudzon terhadap kudrot irodat Allah. Sebab dengan cara ridho dengan semua ketentuan Allah baik bhruknya yang menimpa kita akan menjadikan hati kita ikhlas dan terbebas dari belenggu syetan yang suka mengotori hati.

Dijelaskan dalam sebuah hadis rosulullah saw

"Dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat tempatmu." (HR. Tirmizi).

أَلآ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلآ وَهِيَ الْقَلْبُ

“Ketahuilah, sungguh di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Jika daging tersebut baik, baiklah seluruh tubuh. Jika rusak, rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah kalbu (jantung).” (HR. al-Bukhari dan Muslim
Semoga kita semua dapat mengambil hikmah pelajaran dari covid-19 sesungguhnya segala yang tercipta di dunia tidaklah sia-sia.

Selamat hari pendidikan semoga dengan pendididikan tercipta SDM unggul Indonesia Maju







Komentar

Postingan Populer